Google

PKS Success Story : Road To 2009 Headline Animator

Saturday, December 22, 2007

Diduga, Partai Incar Proyek di DKI Untuk 2009

Diduga, Partai Incar Proyek di DKI Untuk 2009


Jakarta, myRMnews. Lambatnya pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta disebabkan terjadi tarik-menarik kepentingan antara DPRD DKI dan Pemprov DKI.

“Pembahasan APBD itu seharusnya hanya membutuhkan waktu lima belas hari cukup, tapi ini berbulan-bulan. Hal ini terjadi karena ada tarik-menarik kepentingan antara Pemprov DKI dan dewan,” kata Deputi Bidang Politik Setwapres, Johermansyah Johan dalam diskusi Pemahaman Mengenai Pelaksanaan Tugas dan Fungsi DPRD DKI. di Hotel Oasis, Jakpus, baru-baru ini.

Karena itu, kata Johermansyah, masyarakat harus mengawasi bersama-sama penyusunan APBD DKI agar tidak merugikan warga dan hanya untuk kepentingan elit lokal Jakarta.

Hal senada disampaikan, pengamat perkotaan, Amir Hamzah. Menurutnya, lambatnya pembahasan APBD disebabkan ada kepentingan-kepentingan yang tidak ketemu. “Anggota dewan punya kepentingan mendapatkan proyek, sementara Pemprov DKI berkepentingan mengamankan proyek yang diicarnya,” ungkapnya.

Karena sering tarik-menarik, kata Amir, pembahasan menjadi molor, dan akhirnya diselesaikan dengan cara kongkalikong antara dewan dan Pemprov DKI.

Bekas anggota MPR itu mengutarakan, menjelang Pemilu 2009, banyak fraksi yang berkepentingan mencari dana untuk parpol. Karena itu, semua elemen harus mengawasi jalannya anggaran.

Menurutnya, dari banyak program yang rawan terjadi penyimpangan adalah program sosialisasi yang dilakukan Dinas maupun Suku Dinas karena program seperti itu, paling gampang diselewengkan namun mudah membuat laporannya.

Dalam kemsepatan itu, Amir mengecam alasan DPRD dan Pemprov DKI, yang menyebutkan molornya pembahasan karena sibuk mengurusi Pilkada DKI. “Itu cuma alasan saja. Pada Pilkada DKI yang mengurus penyelenggara hanya KPUD,” imbuhnya. rm

No comments: