Google

PKS Success Story : Road To 2009 Headline Animator

Tuesday, December 18, 2007

Janji Bang Kumis Gratiskan Biaya Pendidikan, Mana?

Janji Bang Kumis Gratiskan Biaya Pendidikan, Mana?

Laporan: Fatahillah

Jakarta, myRMnews. Gubernur Jakarta Fauzi Bowo tak mampu mewujudkan janjinya untuk menggratiskan pendidikan dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). Gratis hanya tinggal janji manis alias retorika kepada masyarakat.

"Dalam persentasenya, pasti lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Dari 21 persen jadi 26,41 persen, ini satu-satunya anggaran pendidikan yang melebihi kuota," ujar Gubernur Jakarta yang akrab disapa Foke kepada wartawan di Balaikota Jakarta semalam (Selasa, 18/12).

Pria yang mendapat dukungan dari 20 partai politik dalam pilkada langsung ini mengakui pendidikan gratis bagi SMA sulit terealisasi karena keterbatasan anggaran. "Dana tersebut belum cukup untuk seluruh kegiatan pendidikan termasuk pendidikan gratis," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi E (bidang pendidikan) DPRD DKI Ahmad Husein menyayangkan sikap gubernur yang terkesan pasrah dengan kondisi anggaran, yang belum bisa menggratiskan SMA.

"Foke harusnya tegas, kan anggaran bisa ditambah dengan cara menghapus anggaran kegiatan yang tidak bermanfaat seperti seminar-seminar, sekolah karyawan, bikin sertifikat ISO, sekolah internasional dan lain-lain yang menelan anggaran hinga puluhan miliar," tegasnya.

Dia mengingatkan bahwa menciptakan pendidikan gratis hingga tingkat SMA, merupakan janji politik Foke saat dia kampanye dalam Pilkada Jakarta yang lalu. "Dulu janji, sekarang melupakan janji. Jangan membuat malu parpol pendukung dong," keluh politisi asal Demokrat yang terdaftar sebagai parpol pendukung Foke saat pilkada.

No comments: