Google

PKS Success Story : Road To 2009 Headline Animator

Monday, December 17, 2007

Survei: Parpol Tidak Memperjuangkan Kepentingan Rakyat

Survei: Parpol Tidak Memperjuangkan Kepentingan Rakyat
Siswanto - Okezone

JAKARTA - Survei membuktikan, sebagian besar masyarakat Indonesia belum puas atas kinerja partai politik (parpol). Alasannya, parpol yang ada ternyata tidak memperjuangkan kepentingan rakyat.

Kesimpulan itu hasil survei yang disampaikan Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari dalam jumpa pers di Hotel Bumi Karsa, Komplek Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatana, Selasa (18/12/2007).

Survei dilakukan Indo Barometer pada 26 November hingga 7 Desember 2007 di 33 provinsi. Metode penarikan sample menggunakan cara multistage random sampling. Jumlah koresponden yang diambil sebanyak 1.200 orang. Tingkat margin of error dalam survei tersebut sebesar 3 persen.

Sample tersebut dikumpulkan itu berasal dari warga negara Indonesia, yang sudah punya hak pilih dalam pemilu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan tatap muka.

Sebanyak 54,6 persen hasil survei menunjukkan masyarakat tidak puas. Sedangkan, yang menyatakan puas hanya mencapai 30,1 persen. Parpol yang ada di Tanah Air dinilai masyarakat tidak memperjuangkan kepentingan rakyat (47,5 persen). Selain itu, fungsi partai juga dianggap tidak berjalan (28,5 persen).

Hanya 38 persen dari hasil survei yang menyatakan parpol telah memperjuangkan kepentingan rakyat. Tapi, itu dinilai wajar. Sebab, Indonesia masih belajar demokrasi sehingga peran partai belum maksimal (29,2 persen). Tetapi, rakyat belum sepenuhnya menganggap fungsi partai sudah berjalan (24,9 persen). "Ini ironis! Banyak partai tapi ternyata masyarakat merasa kinerja parpol belum signifikan," sindir Qodari.

No comments: